5 Tips Memilih Jenis Chemical Peeling yang Tepat untuk Wajah

Peeling merupakan salah satu metode perawatan kulit yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat, bekas luka, hiperpigmentasi, dan tanda-tanda penuaan. Namun, dengan beragam jenis peeling yang tersedia saat ini, memilih yang sesuai untuk kebutuhan tidak mudah.

Apa itu Chemical Peeling

Peeling adalah tindakan mengangkat lapisan kulit terluar guna merangsang regenerasi lapisan kulit baru. Fokus utamanya adalah untuk meningkatkan kehalusan dan kecerahan kulit, terutama di daerah wajah, leher, lengan dan tubuh.

Sebelum masuk ke 5 tips penting untuk memilih jenis peeling yang tepat untuk wajah Anda. Ketahui terlebih dahaulu tentang beberapa jenis chemical peeling.

3 Jenis Chemical Peeling

1. Light Chemical Peeling

Light Chemical Peeling ini bertujuan untuk memberikan perbaikan secara perlahan seiring berjalannya waktu, dan seringkali dilakukan dalam serangkaian sesi perawatan.

Dalam prosedur ini, lapisan kulit terluar yang telah mengalami pengelupasan diangkat untuk memberi ruang pada pertumbuhan kulit baru.

Pendekatan ini menjadi pilihan yang sangat tepat apabila Anda menghadapi permasalahan seperti kerutan halus, jerawat, ketidakmerataan warna kulit, atau kulit yang kering serta kasar akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Melalui proses ini, kulit dirangsang untuk mengembalikan kecerahan dan kesehatannya.

Setelah menjalani jenis pengelupasan kulit ini, proses pemulihan biasanya berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, dan hampir tanpa mengganggu aktivitas harian Anda.

2. Medium Chemical Peeling

Memberikan kulit Anda penampilan yang lembut dan segar. Dalam proses ini, lapisan kulit terluar dan lapisan atas dari kulit tengah akan ada pengelupasan.

Medium Chemical Peeling ini dapat menjadi pilihan yang optimal, terutama jika Anda mengalami masalah perubahan warna kulit yang tidak merata atau dalam keadaan sedang, bintik-bintik penuaan, jerawat, atau kerutan halus hingga sedang.

Pemulihan setelah perawatan ini umumnya membutuhkan waktu sekitar satu minggu atau lebih, dan memerlukan periode istirahat yang diperlukan untuk memaksimalkan hasilnya.

3. Deep Chemical Peeling

Mampu menghasilkan perubahan yang sangat mencolok dalam penampilan kulit. Chemical Peeling ini memiliki kemampuan untuk menembus hingga ke lapisan tengah dan bahkan lapisan bawah kulit Anda.

Waktu pemulihan yang diperlukan lebih lama dalam kasus pengelupasan yang lebih dalam. Peeling ini mungkin menjadi pilihan terbaik, terutama jika Anda memiliki garis-garis dan kerutan yang berada pada tingkat sedang, mengalami kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang cukup ekstensif, memiliki bekas jerawat dalam, dan kulit yang memiliki flek.

Pengelupasan kimia yang bersifat dalam membutuhkan perawatan yang dapat berlangsung hingga delapan minggu sebelum hasil yang diinginkan tercapai.

Penting untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh dokter Anda dengan cermat. Perlu diingat bahwa pengelupasan kimia yang dalam adalah jenis perawatan yang hanya diaplikasikan satu kali, khususnya jika dilakukan pada wajah, dan ini juga memiliki periode pemulihan yang signifikan.

Prosedur: Saat menjalani Chemical Peeling, sensasi hangat hingga ringan panas mungkin akan terasa selama beberapa menit. Sensasi ini kemudian diikuti oleh perasaan ringan yang menusuk.

Jika Anda merasa tidak nyaman akibat sensasi ini, kompres dingin dapat diterapkan pada kulit untuk memberikan kenyamanan.

Setelahnya, chemical peeling akan dibersihkan dan/atau dinetralkan oleh profesional dalam hal ini dokter estetika yang melaksanakan prosedur.

BACA JUGA: Apa itu Teknologi Biphasic dari BioRePeel

Tips memlilih Jenis Peeling

Jika Anda berencana untuk menjalani perawatan peeling wajah, penting untuk tidak sembarangan dalam memilih produk.

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda, dan untuk memastikan hasil yang maksimal, berikut adalah 5 tips penting untuk memilih jenis peeling yang tepat untuk wajah Anda:

1. Perhatikan Kandungan Produk dengan Teliti

Sebelum memutuskan untuk memilih produk peeling wajah, luangkan waktu untuk membaca dan memahami kandungan aktif yang terdapat di dalamnya.

Produk dengan kandungan yang lebih komprehensif cenderung memberikan hasil yang lebih baik. Pelajari setiap bahan yang digunakan dan kenali manfaatnya untuk kulit Anda.

2. Prioritaskan Produk dengan Kandungan Asam yang Ringan

Peeling wajah umumnya mengandung bahan aktif seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid).

Saat memilih produk, cenderungkan pada produk yang menggunakan kandungan asam yang lebih ringan. Produk dengan bahan alami juga menjadi pilihan yang baik, terutama untuk kulit wajah sensitif.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Kulit Wajah Anda

Meskipun peeling wajah cocok untuk berbagai jenis kulit, tetap perlu mempertimbangkan kondisi kulit Anda. Kulit normal dan berminyak umumnya cocok dengan banyak produk peeling. Namun, kulit sensitif dan kering membutuhkan perhatian lebih.

Gunakan produk dengan kandungan asam yang rendah untuk kulit sensitif, dan produk dengan AHA untuk kulit kering sebagai agen anti-penuaan. Produk dengan BHA lebih cocok untuk kulit berjerawat.

4. Manfaat Tambahan dalam Produk

Produk peeling wajah tidak hanya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, tetapi juga bisa memberikan manfaat tambahan.

Pilih produk yang memiliki manfaat ekstra seperti nutrisi, pemutihan, hidrasi, ketenangan, atau bahkan anti-penuaan.

Untuk kulit kering, pilih produk dengan kandungan seperti ekstrak daun lidah buaya, gliserin, dan hyaluronic yang memberikan kelembapan ekstra.

5. Perhatikan Tekstur Produk

Kenyamanan saat menggunakan produk sangat penting. Pastikan Anda memilih produk peeling wajah dengan tekstur yang halus, sehingga saat diaplikasikan ke kulit tidak menyebabkan iritasi.

Tekstur yang terlalu kasar dapat merusak kulit dan mengakibatkan pengelupasan berlebihan. Dengan langkah-langkah ini, Anda tidak perlu khawatir dalam memilih produk peeling wajah yang tepat.

Produk-produk peeling umumnya telah dirancang dengan bahan-bahan berkualitas, sehingga memberikan hasil perawatan yang optimal.

Ingatlah untuk menggunakan produk secara konsisten dan sesuai anjuran dokter untuk hasil yang diinginkan.

Manfaat Chemical Peeling

Pengelupasan kimia adalah prosedur perawatan kulit yang menawarkan berbagai manfaat penting bagi kesehatan dan penampilan kulit. Berikut ini adalah penjelasan lebih mendalam mengenai manfaat-manfaat yang diperoleh dari pengelupasan kimia:

  • Mengatasi Komedo dan Jerawat

Komedo dan jerawat seringkali muncul karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Pengelupasan kimia membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

  • Mengurangi Tanda Penuaan

Salah satu manfaat utama dari pengelupasan kimia adalah kemampuannya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Produksi kolagen dalam kulit cenderung menurun, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan munculnya kerutan serta garis halus seiring bertambahnya usia.

Dengan merangsang produksi kolagen baru, pengelupasan kimia membantu mengurangi tampilan kerutan dan garis halus, memberikan kulit penampilan yang lebih muda dan segar.

  • Menangani Masalah Pigmentasi

Hiperpigmentasi adalah kondisi di mana kulit menghasilkan melanin berlebihan, mengakibatkan bintik-bintik gelap pada kulit. Paparan sinar matahari, jerawat, dan penuaan dapat memicu masalah ini.

Pengelupasan kimia membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung pigmen berlebihan, sehingga mengurangi penampilan bintik-bintik gelap dan memberikan kulit tampilan yang lebih cerah dan seragam.

  • Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Bagi mereka yang pernah mengalami jerawat, noda bekas jerawat bisa menjadi masalah serius. Pengelupasan kimia membantu mengatasi masalah ini dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang mengandung pigmen lebih tinggi pada area bekas jerawat.

Proses ini membantu memudarkan noda bekas jerawat dan memberikan kulit tampilan yang lebih bersih dan rata.

  • Meningkatkan Tekstur Kulit

Pengelupasan kimia bekerja dengan mengangkat lapisan kulit mati yang menyebabkan tekstur kasar pada kulit.

Melalui prosedur ini, sel-sel kulit mati di lapisan atas kulit dihilangkan, membantu memperbaiki tekstur kulit dan menciptakan kulit yang terasa lebih lembut dan halus.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Post
Apa Itu Filler dan Segala yang Perlu Anda Ketahui

Apa Itu Filler dan Segala yang Perlu Anda Ketahui

Filler telah menjadi salah satu solusi populer dalam dunia kecantikan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dan memberikan vitalitas pada wajah. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menjalani prosedur ini, ada baiknya untuk memahami lebih lanjut tentang apa itu filler...

Ternyata ini Area Wajah yang dapat dilakukan Filler

Ternyata ini Area Wajah yang dapat dilakukan Filler

Proses penuaan dapat menyebabkan perubahan pada kulit, seperti kerutan, garis halus, dan hilangnya volume. Perubahan-perubahan ini dapat membuat seseorang merasa tidak bahagia atau tidak percaya diri dengan penampilannya. Filler adalah prosedur medis yang menggunakan...

Share This